Kamis, 03 Maret 2016

Cara Angsuran KPR Cepat Lunas

Membayar cicilan KPR (kredit pemilikan rumah) memang cukup melelahkan, karena bisa berlangsung 20 tahun. Untuk melunasi KPR Anda supaya lebih cepat, Anda bisa mencoba tiga cara berikut ini:

Mengurangi Sisa Pokok KPR
Beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Caranya ialah menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR. Tentu saja, ketika menerapkan hal ini Anda harus merelakan beberapa biaya hidup terpotong, semisal makan siang di luar, tabungan, serta investasi.
 Rumah KPR

Bila Anda memiliki penghasilan Rp9 juta per bulan—dimana sekitar Rp3 juta digunakan untuk mencicil KPR—Anda memiliki sekitar Rp6 juta untuk biaya hidup. Ke depan, Anda bisa mengurangi biaya hidup, misalnya menjadi sekitar Rp4 juta saja per bulan. Dengan demikian, Anda memiliki Rp2 juta per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR. Jika cara ini diterapkan secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan lebih cepat lunas.

Pindah Tangan ke Bank Syariah
Bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli. Intinya, ketika Anda melakukan take over atau pindah tangan KPR ke Bank Syariah, maka nominal angsuran bulanan Anda menjadi tetap. Perhitungan ilustrasinya bisa dilihat di bawah ini dengan mengambil contoh marjin 6,9%.

Pengajuan Kredit    : Rp200.000.000 (marjin 6,9%, selama 10 tahun)
Keuntungan Bank   : 6,9% x 10 x Rp200.000.000    = Rp138.000.000
Total KPR               : Rp200.000.000 + Rp138.000.000   =  Rp338.000.000
Angsuran Bulanan   : total KPR / 120 bulan           =  Rp2.816.667

Kesimpulannya, melalui jalan berpindah tangan ke bank syariah Anda memperoleh angsuran yang lebih ringan. Anda bisa menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR Anda.

Proses take over biasanya dikenai biaya dan Anda juga akan dikenakan penalti sebesar 1% dari sisa pokok.

Kombinasi Cara Pertama dan Kedua
Lakukan kombinasi cara per tama dan kedua, maka Anda akan mendapat keuntungan ganda:

Angsuran menjadi lebih ringan
Masa kredit lebih cepat
Beban bunga lebih kecil

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar